Rabu, 10 Desember 2008

Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro 27 STTAL Tahun 2008

Tahapan terakhir dalam menempuh pendidikan S1 di STTAL setiap Mahasiswa harus melaksanakan Ujian Paparan Tugas Akhir. Yang mana tugas akhir ini diharapkan dapat diterapkan aplikasinya di bidang pertahanan dan keamanan dalam lingkup TNI. Tugas Akhir merupakan salah satu output produk pelajaran yang diterima Mahasiswa selama 4 semester.

Ujian paparan Tugas Akhir Tahun Ajaran 2008 yang sudah diprogramkan oleh STTAL untuk 4 Jurusan, dialokasikan pada minggu kedua dan ketiga bulan Desember. Pelaksanaannya dibagi dalam 4 fase dan gelombang, yaitu berdasarkan kategori yang terdiri dari 4 Jurusan, yaitu Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Industri, Jurusan Teknik Mesin dan Jurusan Teknik Hidros Oseanografi.

Jurusan Teknik Elektro mendapat kesempatan pertama, yaitu pada hari Rabu tanggal 10 Desember 2008. Peserta paparan terdiri dari Kapten Lek Gatot Wiseso, Kapten Lek Cahya Heru, Kapten Lek Sumarto, Lettu Lek Edi Supartono, Lettu Lek Ahmad Barita, Lettu Lek Harry Cahyadi Wijayakusuma dan Kapten Laut (E) Yudho. Tim penguji ada 6 orang, yaitu terdiri dari Bapak Wirawan (Dosen ITS), Bapak Afandi (Dosen ITS), Bapak Djoko Suprayitno (Dosen ITS), Bapak Suhadi (Dosen ITS), Ibu Titik Suryani (Dosen ITS) dan Mayor Laut (E) Danang Rimbawa (Kepala Lab STTAL). Pelaksanaan paparan dimulai pada pukul 08.00 WIB yang diawali oleh Kapten Lek Gatot Wiseso. Kapten Lek Gatot memaparkan tentang "Perancangan Pengamanan Pintu Masuk Cabin Radar 325 Commander Menggunakan Pencitraan Wajah Dengan Metode Neural Network". Pemapar kedua Kapten Lek Cahya Heru menyampaikan judul "Analisa Traffic dan Program Design Pada Sistem Telekomunikasi di Satkomlek Mabes TNI AU". Kapten Lek Sumarto sebagai pemapar ketiga menyampaikan judul "Integrasi Jaringan PABX Lanud Surabaya Dengan VOIP".
Pemapar keempat, yaitu Lettu Lek Edi Supartono menyampaikan materi dengan judul "Perancangan Aplikasi Sistem Penerbitan Flight Clearance Terpadu Deplu-Dephub-Mabes TNI-Kohanudnas". Selanjutya Lettu Lek Ahmad Barita selaku pemapar kelima memaparkan judul "Perancangan Sistem Video Conference Untuk Pengendalian Gladi Pos Kolat Perkasa Berbasis Wireless LAN". Pemapar keenam Lettu Lek Harry Cahyadi Wijayakusuma memaparkan judul "Perancangan Backup Sistem ELT Dengan GPS MelaluiTeknologi SMS Untuk Pelacakan Pada Pesawat TNI AU". Yang terakhir ketujuh Kapten Laut (E) Yudho memaparkan tentang "Implementasi Data Encryption Standard (DES) Pada Sistem Coding Decoding Morse Berbasis PC".

Udara dingin ruangan sidang terasa hangat bagi setiap Pemapar. "Sebelum paparan saya merasakan grogi yang cukup hebat. Begitu masuk ruangan sidang rasa deg-degan saya bertambah. Apalagi pada saat paparan berlangsung, komputer yang digunakan sempat hang. Namun rasa grogi ini perlahan hilang ketika saya mulai paparan di depan dosen Penguji", kata Lettu Lek Ahmad Barita yang sempat mendemokan hasil Tugas Akhirnya di depan tim penguji layaknya seperti kondisi Latihan Penataran Pelaku Latihan Perkasa yang dibantu oleh Mahasiswa junior jurusan Teknik Elektro STTAL Angkatan 29. Lettu Edi juga sempat mengaku tidak bisa makan, minum, bahkan sering timbul perasaan ingin buang air kecil. Perasaan yang bercampur aduk ini pasti menghinggapi setiap manusia yang akan melaksanakan ujian dalam bidang apa saja. Termasuk seorang serdadu yang sudah mengikuti banyak tempaan dan latihan kemiliteran. Lettu Lek Harry Cahyadi merasa sangat bersyukur sudah melewati ujian akhir ini dengan hasil yang baik, walaupun pada saat pelaksanaan demo mengalami sedikit gangguan. "Tadi saya sudah stres, mau dikunyah-kunyah nih, untung aja sinyal handphone saya sempat hilang, jadi ada alasan untuk tidak melanjutkan demo", lanjut Lettu Lek Harry.

Setiap dosen penguji memberikan pertanyaan dan saran untuk menyempurnakan Tugas Akhir masing-masing Mahasiswa. Seluruh pertanyaan dan saran segera ditindaklanjuti oleh semua Mahasiswa untuk kesempurnaan Tugas Akhir yang paling telat 12 hari atau 2 minggu terhitung sejak ujian tugas akhir selesai.

Dengan diselimuti hujan yang mengguyur Laboratorium Komputer STTAL yang digunakan sebagai Ruang Sidang Ujian Paparan Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro akhirnya selesai pada pukul 17.00 WIB.

Tidak ada komentar: